Monday, June 16, 2014

Cara Memasang Lining Geomembrane HDPE

Berikut adalah langkah-langkah memasang Lining Geomembrane HDPE

a. Pengiriman dan penyimpanan material Geomembrane HDPE.
Geomembrane diangkut ke lokasi pekerjaan dengan menggunakan truck trailer. Truck trailer dapat memuat 8 roll. Geomembrane ditimbun pada lokasi yang terlindung dari hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada Geomembrane seperti tekanan yang menyebabkan lubang, minyak, lembab dan panas yang berlebihan. Gulungan Geomembrane ditimbun pada permukaan tanah yang telah diratakan dan dibersihkan (bukan alas kayu) yang rata dan ditumpuk tidak lebih dari 2 roll.

b. Pekerjaan tanah.
Untuk pelaksanaan instalasi lembaran Geomembrane tanah dasar harus sudah dipadatkan sesuai dengan spesifikasi proyek. Permukaan yang lunak atau yang mempunyai sifat kemampatan yang besar dan tidak dapat dipadatkan dengan baik harus disingkirkan dan diganti dengan tanah timbunan yang cukup baik. Seluruh permukaannya harus rata, bebas dari material-material organis, obyek-obyek yang tajam dan segala bentuk puing-puing. Tanah dasar kukuh, pondasi tidak melendut dan tidak terdapat perubahan yang tajam atau gradasi yang patah. Tidak boleh terdapat genangan air dan air tanah yang tinggi.
Pelaksana/kontraktor utama pada proyek bila perlu melaksanakan sterilisasi tanah dasar menggunakan bahan pensteril tanah dengan formula yang khsusus untuk pertumbuhan di area yang dihampari Geomembrane. Bahan pensteril yang digunakan tidak merusak liner dan digunakan dengan sesuai petunjuk pabrik pembuatnya.
Bagian angkur digali pada jalur, letak dan lebar yang sesuai dengan ukuran yang ditetapkan pada gambar-gambar spesifikasi. Bagian sudut dibuat melengkung untuk menghindari tekukkan yang tajam pada lembaran Geomembrane.

c. Penghamparan Lembaran Geomembrane.
Lembaran Geomembrane dihamparkan pada permukaan yang akan dilapis Geomembrane dengan menggunakan balok penghampar yang dipasang pada excavator atau menggunakan alat lain yang disetujui oleh Engineer.
Perlu menjadi perhatian sebagai berikut :
v Peralatan-peralatan yang digunakan tidak menyebabkan kerusakan pada Geomembrane selama pengangkatan, pengangkutan dan penghamparan.
v Pelaksana instalasi yang bekerja diatas Geomembrane tidak diperkenankan merokok dan menggunakan alas kaki yang dapat merusak Geomembrane.
v Metode yang digunakan untuk penghamparan lembaran Geomembrane tidak menyebabkan penggoresan atau lipatan di lembaran Geomembrane dan tidak menyebabkan kerusakan tanah pendukungnya
v Pemberat (e.g : kantong berisi pasir atau yang semacam yang tidak merusak Geomembrane) diletakkan diatas lembaran Geomembrane untuk mencegah lembaran tersebut terangkat oleh angin (pada kasus dimana kekuatan angin sangat besar, pemberat disarankan diletakan menerus di sepanjang bagian tepi panel lembaran Geomembrane untuk mengurangi resiko angin bertiup di bawah panel).
v Pada penghamparan Geomembrane dengan cara manual menggunakan tenaga manusia maka diperlukan penyiapan lahan untuk penggelaran pada yang berdekatan dengan kolam. Tanah dasar untuk penghamparan dan pemotongan material Geomembrane permukaannya harus rata dan bersih dari obyek-obyek yang tajam, dan segala bentuk puing-puing yang dapat menyebabkan kerusakan pada material Geomembrane.

d. Sistem penyambungan.
Proses penyambungan yang diijinkan adalah menggunakan sistem Hot Shoe dan sistem Extrusion welding.(Gambar - 5 Profil sambungan)
v Cara ‘Extrusion’ yaitu cara penyambungan dengan mempergunakan batangan HDPE dan alat pemanas seperti halnya metode las (pemanasan).
v Cara ‘Fusion’ yaitu cara penyambungan dengan alat Hot shoe yang memanaskan dua lembar Geomembrane (overlaping) sehingga menyatu.
Perlu menjadi perhatian dalam penempatan arah sambungan pada penyambungan di bagian lereng yaitu dari atas ke bawah dan bukan arah melintang lereng. Dibagian sudut dan pada geometris yang tidak beraturan penyambungan harus sesedikit mungkin.
Sambungan T tidak boleh lebih dekat dari 5 ‘ (feet) dari ujung bagian kaki lereng. Penyambungan ditempatkan dan harus dihindari kerutan dan ‘mulut ikan’. Apabila terdapat kerutan dan ‘mulut ikan’ (fish mouth) maka harus dipotong dan ditutup dengan lembaran Geomembrane (cap-stripped).

e. Overlap.
Panel Geomembrane menggunakan overlap minimum 4“ (inches) pada penyambungan dengan cara Hot Shoe dan 3" (inches) pada penyambungan dengan cara Extrusion.
Cairan pembersih tidak boleh digunakan pada saat membersihkan bagian overlap pada proses penyambungan.
Peralatan yang digunakan pada penyambungan Geomembrane dan assesorisnya.
Alat penyambung yang diijinkan adalah alat penyambung Hot Shoe dan alat Extrusion.

No comments:

Post a Comment